Tukang Roti dan keutamaan Istighfar
az zahra lampung, sd islam az zahra, pendaftaran sd lampung, sd islam az zahra, sd islam lampung, sd islam bandarlampung
26735
post-template-default,single,single-post,postid-26735,single-format-standard,qode-social-login-1.1.3,qode-restaurant-1.1.1,stockholm-core-1.2.1,select-theme-ver-5.2.1,ajax_fade,page_not_loaded,menu-animation-underline,no_animation_on_touch,jet-mobile-menu-active,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive,elementor-default,elementor-kit-22534,elementor-page elementor-page-26735
Title Image

Tukang Roti dan keutamaan Istighfar

Imam Ahmad bin Hanbal atau dikenal juga sebagai Imam Hanbali, dimasa akhir hidup beliau bercerita suatu waktu ketika beliau tidak tahu kenapa ingin sekali pergi ke Bashrah padahal tidak ada janji dengan seorang dan tidak ada hajat tertentu yang ingin dilakukan. Akhirnya, Imam Hanbali berangkat ke Bashrah dan tiba disana ketika waktu shalat Isya.

Selesai shalat Imam Hanbali ingin beristirahat di masjid tetapi sebelum terlelap Imam Hanbali diusir oleh penjaga masjid yang tidak memperkenankan untuk tidur di dalam Masjid. Ketika Imam Hanbali berpindah tempat ke teras masjid, penjaga masjid juga tdak memperkenankan dan mengusir Imam Hanbali.


Tepat di luar masjid ada seorang yang melihat dan memperhatikan Imam Hanbali diusir dari masjid dan akhirnya menawarkan rumahnya untuk menginap. Orang yang baik hati ini adalah seorang tukang roti. Ketika sampai di rumah tukang roti, Imam Hanbali memperhatikan bahwa setiap membuat adonan roti, tukang roti selalu mengucapkan Istighfar, Astaghfirullah Astaghfirullah .. 

Melihat kebiasaan tukang roti tersebut Imam Hanbali penasaran dan bertanya, ” Sudah berapa lama kamu beristighfar sambil membuat adonan roti ?”. Tukang Roti menjawab, ” Sudah lama sekali, saya sudah berjualan roti sudah 30 tahun, jadi semenjak itu saya melakukan kebiasaan ini.”. Imam Hanbali bertanya kembali, ” Apa hasil dari kebiasaanmu ini ?”. tukang roti menjawab, ” Lantaran wasilah dari istighfar, tidak ada hajat yang saya minta kecuali pasti dikabulkan oleh Allah, kecuali ada satu hajatan yang belum dikabulkan yaitu bertemu dengan Imam Hanbali.”

Allahu Akbar. sontak Imam Hanbali berkata, ” Allah telah mendatangkan saya jauh dari Baghdad sampai ke Bashrah, bahkan sampai diusir oleh penjaga masjid untuk dipertemukan dengan kamu karena wasilah istighfarmu.”. Mendengar hal tersebut tukang roti haru dan sangat senang akhirnya bisa dipertemukan dengan Imam Hanbali.


📖 Liqomik Antologi Komik Islami 


Yayasan Fatimah Az Zahra Lampung