300 Lebih Siswa SD Islam Az Zahra Bandar Lampung Ikuti Manasik Haji | Yayasan Fatimah Az Zahra Lampung
az zahra lampung, sd islam az zahra, pendaftaran sd lampung, sd islam az zahra, sd islam lampung, sd islam bandarlampung
22341
post-template-default,single,single-post,postid-22341,single-format-standard,qode-social-login-1.1.3,qode-restaurant-1.1.1,stockholm-core-1.2.1,select-theme-ver-5.2.1,ajax_fade,page_not_loaded,menu-animation-underline,jet-desktop-menu-active,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive,elementor-default,elementor-kit-22534
Title Image

300 Lebih Siswa SD Islam Az Zahra Bandar Lampung Ikuti Manasik Haji

300 Lebih Siswa SD Islam Az Zahra Bandar Lampung Ikuti Manasik Haji



Manasik haji tidak hanya dilakukan oleh para jamaah yang akan menunaikan ibadah haji,   namun sering juga dilaksanakan disekolah-sekolah sebagai sarana praktek pembelajaran.  

SD Islam Az Zahra Bandar lampung terus meningkatkan mutu pendidikan serta menanamkan budi pekerti kepada siswanya. Salah-satunya adalah tiap tahunnya diadakan praktek manasik haji bagi siswa yang merupakan agenda bersama semua divisi dibawah naungan Yayasan Fatimah Az Zahra Lampung.

Dengan berpakaian ihram serba putih, seperti layaknya pelaksanaan ibadah haji sesungguhnya, ratusan siswa SD Islam Az Zahra  Bandar Lampung ini terlihat antusias mengikuti prosesi peragaan manasik haji di area lapangan sekolah. 

Acara tersebut dilaksanakan pada Jumat, 18 September 2015 yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 1 sampai kelas 3. Kelas 1 ada 4 kelas yang berjumlah 120 siswa terdiri dari kelas Abu Bakar Ash Shiddiq, Ali bin Abi Thalib, Utsman bin Affan dan Umar bin Khattab. 

Kemudian kelas 2 ada 4 kelas yang berjumlah 110 siswa terdiri dari Muslim, At Tirmidzi, An Nasai dan Bukhory. Sedangkan untuk kelas 3 ada 3 kelas yang berjumlah 90 siswa terdiri dari As Suyuthi, Ibnu Katsir dan Al Maraghi.

Dalam manasik haji ini dipraktikkan mulai dari cara memakai pakaian ihram, niat, sa’i, towaf, tahalul, melempar jumroh, perjalanan ke Musdalifah dan sebagainya yang dibimbing langsung oleh wali kelas 1,2,3 dan semua guru keagamaan.

Saat memasuki ritual Sai’, para siswa sangat terlihat gembira karena mendapat pengalaman baru yaitu diminta berlari kecil oleh para pendamping dan diteruskan dengan melempar Jumroh yang membuat siswa-siswi ini semakin bersemangat. 

Kegiatan manasik haji ini juga tidak disia-siakan para orangtua siswa dan guru untuk berfoto bersama didekat lokasi Ka’bah, sebagai bukti pernah mengikuti manasik haji tersebut.

Umi Fatirah S.Sos selaku Kepala SD Islam Az Zahra Bandar lampung berharap dari kegiatan manasik haji ini siswa dapat belajar dan merasakan pengalaman beribadah haji, serta memahami setiap makna dari rukun haji tersebut dan kemudian muncul keinginan dan niat untuk melaksanakan ibadah haji suatu nanti.

“Dengan adanya praktek manasik haji, menunjukkan bahwa SD Islam Az Zahra begitu memperhatikan pendidikan siswa, baik mendidik didalam dan diluar kelas. Hal ini juga menunjukkan bahwa SD Islam Az Zahra tidak hanya memberikan teori saja dalam mendidik siswa, tetapi juga mempraktekkannya.” ujar Bunda Umi. 
 

Berikut ini beberapa dokumentasi kegiatan manasik haji SD Islam Az Zahra Bandar Lampung :


yayasan fatimahazzahra